Wednesday 13 November 2013

Cara Mengamankan Jaringan Wi-Fi

21:07

WiFi menjadi pilihan utama bagi para pengguna internet dalam berselancar di dunia maya. Keunggulan penggunaan jaringan nirkabel ini adalah pengguna bebas mengakses internet dari manapun selama jarak tersebut masih bisa dijangkau oleh router. Saat kecepatan WiFi yang semula kencang tiba-tiba melambat, tentunya Anda perlu curiga. Bisa jadi banyak sekali pengguna internet ilegal yang ikut-ikutan mengakses WiFi Anda. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan tersebut, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil. Dilansir oleh Tempo.co dari Which, inilah 5 cara tepat untuk mengamankan jaringan WiFi Anda:

1. Gunakan Password
Pentingnya password di sin adalah untuk membatasi siapa saja yang boleh mengakses WiFi. Jika WiFi tidak dipasangi password maka orang lain yang tidak dikehendaki bisa mengakses bandwith internet Anda. Cara membuat password para router ini cukup mudah. Anda perlu mengakses alamat IP pada router. Setelah itu, Anda akan mendapat menu setting untuk memasang password.

2. Enkripsi router
Apa itu enkripsi router? Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi sehinga informasi tersebut tidak bisa dibaca. Untuk router, Anda bisa melakukan enkripsi dengan mudah. Caranya masih sama saat Anda mengganti password router tadi. Saat dihadapkan pada menu setting, Anda akan berhadapan dengan berbagai pilihan enkripsi seperti WEP, WPA, dan WPA2. Pilih WPA2 sebagai standar pengamanan yang paling baru pada router di rumah Anda.

3. Ubah SSID router
SSID adalah jaringan router di rumah Anda aat Anda log in ke dalamnya. Nama perangkat akan ditunjukan berdasarkan pada penyedia broadband. Dengan mengganti SSID maka jaringan Anda akan lebih aman.

4. Matikan Guest Network
Jika router WiFi Anda bisa membuat jaringan guest network atau jaringan bagi orang lain agar bisa mengakses internet, maka segera matikanlah. Sebab, guest network yang aktif dan tidak dipasangi password bisa membuat orang lain internetan tanpa harus menggunakan router. 5. Aturlah posisi router Posisi router harus diatur agar daerah jaringan terjangkau maksimal. Untuk hasil yang baik, letakkan router di tengah-tengah area kantor atau rumah Anda. Jangan lupa matikan router jika sudah tidak dipakai.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 KompiLogi. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top